cara menambah berat badan

Cara Menambah Berat Badan

Permasalahan berat badan tidak hanya dialami oleh orang yang kegemukan, namun juga mereka yang terlalu kurus. Sebagian orang memang memiliki metabolisme yang tinggi sehingga makanan dicerna lebih cepat dan kalori terbakar lebih banyak. Dari semua makanan yang masuk, sebagian besar diolah menjadi energi dan hanya sedikit yang disimpan sebagai lemak dan otot.

 

Berat badan seseorang juga dipengaruhi oleh pola makan dan olahraga yang dilakukannya. Oleh karena itu, jika Anda merasa kurang percaya diri dan ingin tampil lebih berisi, maka Anda sebaiknya berusaha menambah berat badan.

 

Penyebab berat badan susah naik

Apa sebenarnya fakta yang menjadi alasan sehingga beberapa orang bisa tetap kurus sebanyak apapun mereka makan? Apa penyebab mereka demikian sulit untuk menaikkan berat badan? Beberapa alasan berikut ini bisa menjadi jawabannya untuk Anda.

 

·       Kekurangan kalori

Nilai sebuah makanan sebenarnya didasarkan pada besaran kalori yang terkandung di dalamnya. Semakin tinggi kandungan kalorinya, maka semakin besar nilai energi yang bisa dihasilkan. Kebutuhan manusia normal adalah kisaran 2000 kal, dengan asumsi aktivitas harian orang bersangkutan juga cenderung normal.

Tetapi beberapa orang memiliki aktivitas yang lebih besar dari standar estimasi ini sehingga jelas membutuhkan lebih banyak kalori. Karena untuk bisa beraktivitas seseorang m            embutuhkan energi yang berasal dari pembakaran kalori ini. Beberapa orang bahkan bisa membutuhkan kalori hingga 5000 kal.

·       Asupan makanan rendah lemak

Beberapa orang dengan keluhan kesulitan menaikkan berat badan, rupanya tidak menyadari jumlah asupan makanan yang dikonsumsinya tidak seimbang. Asupan makanannya lebih banyak berupa buah dan sayur, sedangkan makanan dengan kaya lemak, karbohidrat, dan glukosa justru kurang digemari. Kondisi ini akan membuat tubuh kekurangan asupan lemak dan akhirnya menjadi lebih terkesan kurus.

·       Pembakaran metabolisme berlebihan

Anda terlalu aktif berolahraa, terlalu aktif, dan tidak bisa diam atau menjalankan pola makan khusus yang cenderung lebih mudah kurus. Itu tadi sejumlah kondisi yang bisa menyebabkan terjadinya metabolisme berlebihan. Untuk membentuk metabolisme dibutuhkan sejumlah senyawa penting kategori essensial untuk membantu pembakaran seperti glukosa dan kalori. Ketika tubuh mengalami metabolisme cepat, kalori dalam darah akan berkurang dan mempercepat proses penyerapan glukosa dan ragam kalori. Ini yang membuat Anda menjadi lebih cepat kurus

 

·       Penurunan fungsi organ vital

Beberapa kondisi ketika seseorang menandakan keadaan terlalu kurus, bisa jadi sebenarnya ada masalah dengan sistem vital mereka. Sistem vital berperan besar dalam menghantarkan darah menuju seluruh tubuh. Ketika terjadi kerusakan sistem vital seperti kondisi penurunan jantung atau penyakit dalam organ paru-paru.

Setiap kondisi ini memiliki peran negatif dalam proses menghantarkan darah. Akibatnya aliran darahmenjadi tidak lancar, nutrisi berupa sari makanan tidak tersampaikan ke puncak-puncak sel sehingga tubuh bisa terkesan kurus dan sulit menaikkan berat badan

·       Masalah hormon tiroid

Hormon tiroid berperan besar dalam membentuk keseimbangan metabolisme. Hormon tiroid merupakan sistem pusat hormonal yang akan mendorong produksi hormonal lain termasuk sistem yang memerintahkan pembakaran lemak dan glukosa dalam sel-sel.

Dan ketika Anda mengalami kelebihan hormon tiroid atau hipertiroid, Bisa jadi Anda akan mengalami masalah serius dalam sistem hormonal Anda secara menyeluruh, sistem pembakaran lemak dan glukosa dalam tubuh yang akan terlalu aktif dan kondisi-kondisi yang turut berperan menyebabkan asupan makanan Anda lebih cepat terbakar habis oleh sistem mtabolisme Anda.

·       Masalah dengan hormon pertumbuhan

Dalam sebuah riset yang dikembangkan di University of Maryland disampaikan terdapat kaitan erat antara hormon pertumbuhan dengan berat badan manusia. Hormon pertumbuhan takarannya sesuai dengan garis keturunan Anda, artinya pada pasien dengan keluarga bertubuh tinggi besar, maka besar kemungkinan pasien akan memiliki tubuh tinggi besar sebagaimana keluarga besarnya.

·       Masalah dengan pencernaan

Beberapa kasus kesulitan kenaikan berat badan juga bisa disebabkan oleh masalah pada sistem lambung atau usus dalam tubuh. Ketika terjadi masalah dengan pencernaan, maka bisa jadi proses cerna dan penyerapan sari makanan tidak akan maksimal. Bila usus tidak mampu lagi menyerap dengan optimal kandungan nutrisi dalam makanan yang Anda asup, maka sebanyak apapun makanan Anda tidak semuanya berhasil diserap tubuh dan akhirnya terbuang percuma melalui kotoran. Inilah awal mula seseorang tetap kurus meski sudah memakan cukup banyak.

  

Dampak terlalu kurus

Berikut beberapa Masalah Kesehatan Serius yang terkait dengan tubuh terlalu kurus :

  • Masalah Jantung

Jantung adalah organ yang paling penting yang mengatur sirkulasi darah ke seluruh tubuh agar organ tubuh yang lain dalam kondisi kerja yang baik. Namun, jika seseorang menjadi kurus atau mengalami penurunan berat badan yang mendadak, maka jantung bisa menjadi lemah karena hilangnya otot jantung. Hal ini akan menyebabkan denyut nadi menurun dan penurunan tekanan darah, yang dapat menyebabkan serangan jantung (dalam kasus yang ekstrim) . Berat badan berlebih juga dapat menyebabkan peningkatan risiko aritmia, yang menyebabkan ketidakteraturan detak jantung

 

  • Osteoporosis

Ini adalah suatu kondisi kesehatan utama yang ditandai dengan massa tulang yang rendah, yang membuat tulang menjadi rapuh dan lemah. Hal ini akan menyebabkan peningkatan kerentanan patah tulang. Tulang pinggul dan tulang belakang adalah area utama yang lebih rentan terhadap patah tulang. Berat badan merupakan faktor penting untuk osteoporosis, karena mempengaruhi kepadatan tulang. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam edisi 2010 Desember oleh Baltic Journal of Health and Physical Activity, kurus berarti memiliki kepadatan tulang yang rendah,  karena secara konstan kekurangan vitamin D dan kalsium. Dan orang yang memiliki massa tulang rendah berisiko lebih tinggi untuk osteoporosis daripada yang lain

  • Anemia

Kurangnya kadar zat besi dalam tubuh akan menyebabkan anemia. Orang yang tidak makan dengan diet seimbang yang kurang asupan zat besi dan kurus, cenderung menderita anemia. Ini adalah suatu kondisi kesehatan yang disebabkan oleh penurunan jumlah sel darah merah

  • Infertilitas

Kemungkinan disfungsional ovulasi lebih besar terjadi pada wanita yang berat badannya terlalu rendah, yang terbukti menjadi hambatan besar untuk bisa hamil. Wanita kurus cenderung mengalami siklus menstruasi yang sangat tidak teratur, dan bahkan aliran menstruasi yang tidak konsisten. Selain itu, wanita kurus tidak mampu mempertahankan dan menumbuhkan janin yang sehat. Hal tersebut karena mereka tidak memenuhi berat badan minimum,  dan lemak tubuh yang sangat penting untuk pembuahan

 

  • Kekurangan gizi

Orang-orang yang memiliki BMI (Body Mass Index) kurang dari normal, sering menderita kekurangan gizi yang parah. Misalnya, orang kurus kekurangan kalsium, dan karenanya mengalami kerapuhan tulang, yang selanjutnya tulang menjadi rentan mengalami kerusakan. Gizi lainnya adalah vitamin D, yang berguna untuk meningkatkan metabolisme kalsium. Individu yang terlalu kurus yang kekurangan vitamin D, mungkin bisa menderita penyakit yang disebut rakhitis. Juga, jika orang kurus kekurangan vitamin C dan zat besi, ia mungkin lebih rentan dengan anemia dan penyakit kudis

 

  • Menurunnya tingkat Kekebalan

Imunitas adalah faktor yang paling penting untuk mencegah kerentanan terhadap infeksi tertentu dan penyakit. Orang yang terlalu kurus  sering menderita kekurangan gizi, yang dapat menyebabkan menurunkan kekebalan tubuh. Vitamin A dan C adalah dua nutrisi utama untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat, dan menjadi kurus akan menjadi sarana untuk kehilangan nutrisi penting tersebut. Hasil dari sistem kekebalan tubuh yang lemah adalah tubuh tidak memiliki kekuatan penuh untuk melawan bakteri atau virus penyebab penyakit

 

  • Kelemahan

Makanan memberikan kita energi dan kekuatan untuk melakukan tugas-tugas rutin dengan tanpa merasa lelah. Namun, jika Anda memiliki gangguan atau masalah lain yang berhubungan dengan diet, maka Anda mungkin akan kehilangan berat badan yang berlebihan dan menjadi kurus. Hal ini dapat menyebabkan kekurangan pasokan lemak dan nutrisi ke tubuh, dan Anda mungkin akan mengalami kelelahan atau kekurangan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Jumlah zat besi yang rendah dalam tubuh akan mengarah ke tingkat energi yang rendah karena anemia

 

  • Depresi

Gangguan makan (anoreksia) memiliki hubungan yang erat dengan depresi dan kecemasan. Kurang gizi atau kurang berat badan dapat menyebabkan perubahan fisiologis, yang bisa berdampak besar pada suasana hati seseorang. Seperti disebutkan sebelumnya, orang kurus bisa menjadi terobsesi dengan kesempurnaan, yang dimulai dengan kebiasaan makan mereka. Mereka akan merasa dan menderita rendah diri, dan karenanya berusaha keras untuk mencapai kesempurnaan dalam segala hal

 

  • Ketidakseimbangan Suhu inti tubuh

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa orang yang kurus seringkali  mengeluh kedinginan bahkan ketika suhu di luar cukup hangat ?. Hal ini karena suhu inti tubuh mereka tidak bisa diatur dengan benar. Bila Anda memiliki berat badan yang sehat, tubuh Anda akan terisolasi dengan lapisan lemak, yang akan membantu tubuh Anda tetap hangat. Orang yang kurus tidak memiliki lapisan lemak, dan karenanya mereka selalu merasa paling kedinginan. Meningkatkan berat badan beberapa kilo bisa membantu untuk mengatur suhu tubuh dan mencegah kedinginan.
 

Cara menambah berat badan

 

Sekedar menambah berat badan, tidaklah sulit. Makan kentang goreng yang banyak ditambah minuman manis setiap hari, dijamin berat badan Anda akan bertambah dalam waktu singkat.Tapi, tujuan kita bukan sekadar menjadi lebih gemuk. Tujuan kita adalah mencapai berat ideal dengan cara yang sehat seperti :

 

  • Tambahkan kalori yang sehat

Tanpa harus mengubah pola makan secara radikal, Anda dapat meningkatkan asupan kalori dengan menambahkan ekstra kacang-kacangan, susu full cream, alpukat, telur atau gandum utuh ke dalam menu harian Anda.

 

  • Pilih makanan padat gizi

Fokuslah pada makanan yang kaya nutrisi seperti daging sapi rendah lemak, daging ayam tanpa kulit dan keju. Pilih sumber karbohidrat rendah glikemik seperti beras merah dan biji-bijian.

 

  • Ngemil

Ada baiknya Anda ngemil di antara waktu sarapan dengan makan siang dan antara makan siang dengan makan malam. Pilih camilan yang mengandung banyak protein dan karbohidrat sehat seperti protein bar,kacang rebus atau minum milk shake buatan sendiri.

 

  • Makan dalam porsi kecil

Jika Anda sedang berjuang mengatasi masalah emosional, makan dalam porsi biasa atai porsi besar mungkin sulit untuk dilakukan.

Pertimbangkan makan dalam porsi kecil tapi lebih sering untuk meningkatkan asupan kalori Anda.

 

  • Latihan beban

Latihan aerobik dapat membantu membakar kalori menurunkan berat badan. Sebaliknya, latihan beban dan yoga dapat membantu menaikkan berat dengan cara membangun otot-otot Anda.

 

  • Konsumsi MR PRO

MR PRO adalah suplemen herbal yang terbuat dari madu, royal jelly dan propolis yang mampu meningkatkan nafsu makan 3x lipat,mampu menyerap nutrisi makanan dengan baik dan membantu menaikan berat badan 2-3 kg per minggu

 

Sorry, the comment form is closed at this time.