Cara Merawat dan Menjaga Kesehatan Kulit

Cara Merawat dan Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit merupakan organ tubuh yang melapisi tubuh dan yang terlihat oleh banyak orang. Kulit merupakan organ paling besar pada tubuh. Kulit yang sehat dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang.
Kulit juga berfungsi sebagai pertahanan pertama tubuh untuk melawan kuman dan kondisi lingkungan. Kulit juga dapat mengubah sinar matahari menjadi vitamin D. Lapisan lemak yang berada dibawah permukaan kulit membantu memastikan bahwa cairan penting didalam tubuh tetap berada didalam tubuh.
Definisi kulit sehat yang kita ketahui adalah bercahaya, halus, kencang, dan bersih. Salah satu cara menjaga kulit agar tetap sehat adalah melalui makanan yang masuk kedalam tubuh. segala sesuatu yang dimakan akan menjadi bagian dari tubuh sehingga semakin sehat makanan yang dikonsumsi maka semakin sehat kulit yang akan terlihat.

 

Penyebab kulit tidak sehat

  • Paparan sinar matahari

Kulit menggunakan sinar matahari untuk menghasilkan vitamin D dalam tubuh, yang berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Sayangnya, paparan sinar UV yang berlebih justru dapat merusak kesehatan kulit Anda. Meskipun lapisan kulit luar Anda mengandung pigmen melanin yang dapat melindungi kulit dari sinar UV, namun pigmen melanin yang berlebih akibat paparan sinar UV justru dapat membuat kulit Anda menjadi lebih gelap.

Sinar UV juga dapat menembus lapisan kulit luar dan masuk ke lapisan yang lebih dalam sehingga sinar UV tersebut dapat merusak atau membunuh sel kulit Anda. Bahkan, paparan sinar UV yang berkepanjangan dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker kulit.Oleh karena itu, untuk melindungit kuli Anda dari paparan sinar UV, batasi paparan sinar matahari antara jam 10 pagi hingga jam 2 siang, atau gunakanlah sunblock saat Anda beraktivitas di jam-jam tersebut.

  • Radikal bebas

Radikal bebas adalah substansi yang terus-menerus menerpa dinding sel kulit dan menyebabkan kerusakan oksidatif karena adanya proses oksidasi. Radikal bebas dapat menembus DNA dan menyebabkan kanker kulit. Bahkan, meskipun radikal bebas tidak dapat menembus DNA, radikal bebas dapat merusak kulit Anda karena menyebabkan penuaan dini dan kulit kusam.

Oleh karena itu, untuk mencegah radikal bebas, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan seperti berry, brokoli, wortel, bayam, dan sebagainya. Dengan mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan dapat membantu tubuh dalam membersihkan radikal bebas, sehingga dapat memperlambat proses kerusakan dan penuaan pada kulit Anda.

  • Jarang konsumsi air putih

Air dapat membantu tubuh Anda untuk meregenerasi sel dan menghasilkan kolagen yang dapat mempertahankan elastisitas kulit Anda. Sehingga, jika tubuh Anda kekurangan cairan atau mengalami dehidrasi, maka kulit yang terdehidrasi tersebut dapat mengalami penuaan dini dan rentan terhadap jerawat, infeksi, dan sebagainya. Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya dehidrasi kulit, maka Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi cairan setidaknya 8 gelas per hari.

  • Kurang tidur

Padatnya aktivitas tidak jarang membuat waktu tidur Anda menjadi berkurang.  Padahal, kurang tidur adalah salah satu penyebab dari kerusakan kulit, karena kurang tidur dapat memicu timbulnya lingkaran hitam di bawah mata dan membuat Anda tampak selalu lelah. Oleh karena itu, sepadat apapun aktivitasnya, Anda dianjurkan untuk tidur cukup sesuai dengan kebutuhan Anda, karena tidur merupakan salah satu proses penting untuk regerasi kulit Anda.

  • Merokok

Merokok menyebabkan pembuluh darah Anda menjadi lebih sempit, sehingga menurunkan jumlah nutrisi dan oksigen yang masuk ke dalam kulit Anda. Akibatnya, hal tersebut dapat membuat kulit kehilangan elastisitasnya dan menjadi lebih sulit sembuh saat mengalami luka. Selain itu, merokok juga dapat menyebabkan kadar hormon estrogen pada wanita lebih rendah, yang menyebabkan kulit Anda menjadi kering sehingga rentan terhadap stretch mark dan keriput, membuat kulit Anda tampak lebih kusam. Bahkan dalam kaitannya dengan kesehatan mulut, merokok dapat membuat gigi Anda menguning dan kulit bibir menghitam.

  • Pola makan yang kurang baik

Kulit adalah organ yang hidup dan bernapas. Itu artinya, untuk terlihat dan terasa sehat, kulit memerlukan nutrisi yang seimbang. Saat kulit tidak mendapatkan vitamin, mineral, dan nutrisi yang di butuhkan, maka secara otomatis dia tidak bisa berfungsi secara optimal, dan cepat atau lambat itu juga akan merusak bentuknya. Misalnya menjadi kering, bernoda, tampak kusam, berkerut dan mengalami penuaan dini.
Untuk mencegah hal ini, kamu perlu memberinya makanan yang bernutrisi setiap hari. Makanlah buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin A untuk mencegah agar kulit tidak menjadi kering dan kusam. Makanan yang banyak mengandung vitamin B bisa membantu kulit agar terlihat lebih sehat, cerah, lembut, dan tampak awet muda.
Sedangkan nutrisi-nutrisi lain misalnya Kalsium, protein, idodine, niacin, folic acid, zat besi dan copper, akan membantu kulit agar tidak menjadi berkerut, tampak pucat, terbakar sinar matahari, bernoda,dan beberapa gejala lainnya. Dapatkan kulit yang lebih sehat dan awet muda dengan cara mengkonsumsi telur, keju, ayam, ikan, sayuran, buah, dan biji-bijian.

Dampak tidak menjaga kesehatan kulit

  • Penuaan dini
  • Kulit menjadi kering
  • Banyak jerawat yang muncul
  • Kanker kulit
  • Muncul bintik hitam
  • Kulit menjadi kusam

 

Cara menjaga kesehatan kulit

  • Hindari merokok

Merokok adalah salah satu hal yang dapat merusak kulit karena dapat membuat kulit anda tidak sehat. Merokok dapat memecahkan kolagen yang dapat mengurangi elasitas kulit dan merusak sel sel kulit akibat racun tembakau

  • Hindari konsumsi alkohol

Konsumsi alkohol dapat membuat kulit menjadi tidak sehat karena alkohol dapat membuat kulit menjadi terdehidrasi yang bisa menyebabkan kulit tampak lelah dan tua

  • Tidur cukup

Kurang tidur dapat membuat kulit kamu tampak lelah, kusam, dan lebih tua. Semakin sering kurang tidur semakin tinggi resiko timbul kantung mata dan mata panda di bawah mata

  • Konsumsi makanan bergizi

Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan tampak lebih muda

  • Kendalikan stress

Stress dapat menstimulasi kelenjar adrenal untuk menghasilkan kortisol yang merupakan hormon utama stress yang terlibat dalam produksi lemak dari kelenjar sebaceous. Jumlah lemak berminyak yang terlalu banyak inilah yang dapat menutup pori pori kulit dan menjebak bakteri penyebab jerawat di dalamnya

  • Lindungi kulit dari paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari langsung dapat mengurangi kesehatan kulit kita. Gunakan handbody  dengan SPF lebih dari 15 agar kulit dapat terlindungi dari paparan sinar matahari.

  • Rutin membersihkan wajah

Rutin membersihkan kulit wajah adalah bagian penting dari perawatan kulit untuk membersihkan kotoran dan bakteri namun lakukanlah dengan lembut.

  • Rutin mengkonsumsi Frutablend

Dengan rutin mengkonsumsi frutablend akan memaksimalkan perawatan anda agar menjadi maksimal, frutblend terbuat dari 22 jenis buah dan sayuran alami yang terbukti mampu mengurangi flek, jerawat dan mengencangkan kulit anda

Sorry, the comment form is closed at this time.